Jengahnya Harus Selalu Cari Aman

By Vineeth Vinod on Unsplash
Dengan triliunan manusia penghuni Bumi yang ga semuanya baik kadang bikin aku jadi ngerasa extremely sucks. Kenyataan bahwa kita ga bisa selalu ngebenerin atau ngelurusin situasi, watak dan isi kepala orang sometimes bisa bikin aku ngerasa sebegitu gobloknya karena harus bereaksi sedemikian rupa. Banyak banget kejadian yang nuntut kita buat tutup mata saat jelas jelas di depan ada hal ga bener terjadi. 

Contoh simple nya some of us mungkin tau ada saudara, tetangga bahkan bapak/ ibu sendiri yang korupsi dana ataupun hak yang bukan miliknya. Tapi apa? Kita cuman diem mengamati dan berusaha ngebutain mata sendiri. Alasannya? Cari Aman. Cari damai. Biar ga dikatain anak kemaren sore yang belagu. Biar ga dikira sok alim. Biar ga dikira ga punya aturan nasehatin orang tua segala. Dan alasan alasan bodoh lainnya. Terlebih buat tipe orang seperti saya yang nit-pickky dijamin kepala kelewat sering cekot cekot sendiri. Jelas jelas di mata salah, ga masuk diakal, dan ga juga masuk di perasaan, tapi tetep aja dipaksa tutup mulut dan tutup mata. 

Sore ini seperti sore sore sebelumnya yang penuh perbincangan sama mamak yang of course selalu ngasi wejangan wejangannya dan merupakan sosok teman diskusi terkeren. Mamak bilang " Jadi orang jangan terlalu (bedani) jangan juga selalu berusaha ngerubah dan benerin orang lain yang penting kita ga ngelakuin yaudah. Kalo naik bis liat orang didepan kecopetan diem aja soalnya nanti kamu yang disikat sama copetnya malahan. Copet tu gaada akhlak. Ga punya aturan juga. Ga takut juga bahkan sama Tuhan. Jadi bisa bisa kamu jadi sasaran objek pembunuhan." 

Secara logika rasional sekali dan sesuai banget dengan realita di Bumi jahanam ini. But saat itu juga hati nurani ku berontak. Emang harus yaa kita cuman diem saat didepan mata ada kejahatan? Emang harus ya kita mingkem demi alasan kedamaian dan ketentraman sehingga tikus tikus keparat terus menggrogoti apa yang ada? Emang harus ya kita cuman jadi patung yang selalu di bego bego in di kibulin lintah lintah penijilat yang biadab? Emang harus ya kita yang di sekolahin tinggi tinggi ngebiarin society gini gini aja bahkan tambah amoral? Should us? 

Aku rasa kita tengah hidup di zaman pencitraan. Dimana kita berkata akan melakukan dan mendukung kebaikan bahkan mengorasikan di setiap akun sosial media yang kita punya tapi nyatanya saat kebaikan kita dibutuhin bahkan berhenti saja tidak maka jangan harap ada uluran tangan ataupun bahu yang ingin menopang. Orang baik semakin disingkirkan. Aku juga bukan orang yang baik masih jauhhh. Betapa mirisnya jika kita ngeliat orang yang berani dengan teguh megang values dan prinsipnya malah disingkirin. orang yang tetep ga mau nrima sogokan meski semarkas, segedung, atau sekantor semua mau nerima. Orang orang yang kek gini yang bener bener diamond in the rough. Langka. Patut masuk ke cagar Alam. Penangkaran. Tapi semesta justru menghukumnya seakan akan menjadi baik berarti mau untuk disiksa. Seakan akan setiap orang baik berarti harus menggenggam bara. Seakan akan baik itu salah dan salah itu baik. 

Lebih susah lagi jika oknum oknum tersebut adalah bos kita. Susah banget buat karyawan/bawahannya buat stay straight dan membela ideologi nya karna kita butuh kerjaan itu.. Kita butuh bertahan buat anak istri suami ibu bapak cucu. Dan pada akhirnya kita yang kalah dan mengalah. Kembali bungkam adalah cara teraman. Memang kita bukanlah Bilal bin Rabah yang ditimpa Batu diseret di Padang pasir tengah hari diinjek injek majikannya tapi kalo dipikir - pikir ulang apa yang kita hadapi sekarang di era ini ternyata sama. 

Uang jadi Tuhan. Tokoh yang berduit walau entah hasil riba, hasil rampok, hasil korupsi di puja puja dan di segani. Bahkan kita nunduk nunduk takut dengan mereka yang punya kekuasan walau kita disisi yang benar. Jurnalis yang dikata penyingkap tanpa batas telah berkepentingan politik masing masing hingga fakta disajikan dengan opini. Hingga fakta yang ada berbalut opini.  Mungkin benar jika seiring jaman mental kita mental(dibaca Bahasa jawa). Ternyata emang kita sepayah itu.. Boro boro ngerubah dunia. Boro boro ngerubah rakyat. Boro boro ngerubah keluarga. Ngerubah diri sendiri aja udah ngos ngosan. Saya suka dengan istilah 
"Perubahan dimulai dari diri. Karna dunia lingkungan akan berubah jika kamu berubah."  
Karena mungkin dunia ini sudah rindu sekali dengan sosok sosok seperti Soe Hok Gie(coba baca buku Catatan Seorang Demonstran maka anda akan paham yang Saya maksud). Mungkin dunia ini rindu akan kelahiran manusia penuh kasih. Mungkin dunia ini menanti kelahiran insan pembawa perubahan. Atau mungkin dunia ini sudah muak dengan manusia pembawa bencana yang 70 tahun hidupnya membawa kehancuran.

Lelah sekali jadi manusia Cari Aman. Lelah sekali jadi manusia berakal yang selalu di goblok goblokin. Lelah sekali jadi manusia yang menjelma jadi burung dalam sangkar. Lelah sekali cuman jadi pengamat, penghujat, dan pencaci yang bahkan lebih berani di sosmed daripada di panggung dunia. Lucu sekali.. kita serba lucu dan selalu melucu. 

Comments

Popular posts from this blog

Let's Talk About Love

Beranjak Lupa

Tentang Ove